Cara Mudah Sukses Bisnis Di Instagram

Tidak dipungkiri lagi pengaruh media sosial di kehidupan seseorang sangatlah krusial. Banyak dari kita yang setiap harinya pasti mengakses media sosial. Salah satu media sosial yang paling digemari dan paling banyak dikunjungi setiap harinya adalah Instagram. Ya, Instagram sebuah media sosial yang memungkinkan Anda untuk membagikan foto atau video melalui feed, snapgram atau Instagram TV. Dengan banyaknya fitur ini menjadikan para penggunanya tidak bisa lepas dari Instagram setiap harinya.

Instagram Sebagai Ladang Berbisnis

Data statistik telah menunjukkan bahwa penggunaan Instagram setiap harinya menempati urutan kedua terbanyak setelah Facebook. Banyaknya jumlah pengguna Instagram yang aktif merupakan pangsa pasar yang menjanjikan bagi usaha Anda. Semua jenis usaha mulai dari usaha kuliner, usaha fashion sampai produk kecantikan sangat laku dijual di Instagram, apalagi sebagian besar pengguna Instagram adalah para generasi muda.

Memulai Bisnis Di Instagram

Untuk memulai berbisnis di Instagram caranya sangat mudah yang Anda butuhkan hanya kuota internet dan akun Instagram. Buatlah akun bisnis di Instagram sedetail mungkin, mulai dari nama merek dagang, alamat kantor, nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi, atau jika memungkinkan alamat email yang bisa dihubungi. Setelah melengkapi info mengenai usaha yang akan Anda bangun, buatlah deskripsi tentang perusahaan dan produk yang Anda jual sedetail mungkin.

Salah satu keunggulan bisnis online adalah Anda tidak perlu memiliki produk yang Anda jual, untuk memulai berjualan Anda bisa cukup menjadi reseller saja. Dengan menjadi reseller potensi kerugian akan sangat kecil, meskipun keuntungan yang didapat belum terlalu besar. Akan tetapi jika Anda sudah memiliki produk dan merek dagang sendiri potensi keuntungannya lebih besar. Jadi jangan ragu untuk memulai usaha secara online.

Beriklan Di Instagram

Setelah Anda memiliki produk yang akan dijual dan akun Instagram tentunya, kunci kesuksesan bisnis di Instagram adalah iklan. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat iklan di Instagram. Berikut beberapa cara yang efektif untuk beriklan di Instagram :

  • Instagram Ads

Instagram ads merupakan fitur resmi yang dimiliki oleh Instagram, fungsinya adalah untuk memberikan ruang bagi pengusaha mempromosikan produknya di feed Instagram. Sebelum memasang iklan di Instagram Anda harus membuat konten iklan terlebih dahulu. Konten iklan yang bisa dimuat oleh Instagram bisa berupa foto ataupun video. Jumlah maksimal foto atau video sekali upload adalah 10.

Setelah membuat konten iklan Anda harus memilih menu Instagram ads yang fiturnya sudah tersedia. Pada fitur tersebut Anda akan diminta untuk mengisi beberapa ketentuan, pertama Anda harus membuat halaman dan profil bisnis di Facebook terlebih dahulu. Kedua Anda akan diminta untuk memilih siapa saja yang akan menjadi target iklan Anda, Instagram mempunyai data pengguna mulai dari jenis kelamin, tempat, umur sampai ketertarikan seseorang terhadap sebuah produk. Ketiga setelah menentukan target iklan Anda harus menentukan biaya yang akan Anda pilih untuk beriklan, biaya ini akan mempengaruhi lamanya iklan Anda dan media yang digunakan feed atau snapgram. Terakhir terbitkan iklan Anda.

  • Gunakan Komentar Untuk Promosi

Selain menggunakan Instagram ads, untuk mempromosikan dan mengenalkan produk yang Anda jual bisa juga memanfaatkan kolom komentar. Misalnya Anda mempunyai usaha jualan jersey bola, maka sempatkan secara berkala untuk komentar di akun-akun yang terkait. Yang terpenting ketika menjadikan kolom komentar sebagai media promosi adalah jangan terlalu sering mempost komentar di akun yang sama, karena hal tersebut justru akan membuat target pasar merasa kurang nyaman. Selain itu gunakan kata-kata promosi yang kreatif.

  • Endorse Produk

Jika Anda ingin lebih mempromosikan produk yang Anda jual sanat disarankan untuk mengendorse produk. Sekarang sudah banyak artis Instagram atau selebgram yang bersedia untuk mengendorse barang dagangan Anda. Pilihlah selebgram yang memiliki efektivitas dalam mempengaruhi target pasar. Selain itu yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah konten iklannya. Meskipun Anda melakukan endorse bukan berarti konten iklan bisa dibuat ala kadarnya, karena konten iklan yang menarik akan membuat target pasar semakin ingin menggunakan produk yang ditawarkan.

  • Gunakan Hashtag

Instagram adalah salah satu media sosial yang mempunyai algoritme hashtag, dengan menyertakan hashtag tertentu maka akan membuat produk kita semakin mudah ditemui. Contohnya dengan menyertakan #kulinerkekinian maka produk kita akan semakin mudah ditemukan oleh pencari konten tersebut. Simpelnya dengan menyertakan hashtag target pasar yang Anda tentukan akan semakin spesifik.

Demikian beberapa cara yang mudah untuk memulai berbisnis di Instagram, memasang iklan di Instagram dan tips iklan di Instagram. Di era yang modern seperti sekarang ini jangan sampai kehabisan ide untuk mempromosikan produk Anda, karena sudah banyak media sosial yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk beriklan.