Sukses Berdagang Dengan Sosial Media

Pada awalnya sosial media digunakan untuk menghubungkan orang dari berbagai belahan dunia dengan mudah. Akan tetapi seiring berkembangnya jaman dan bertambahnya pengguna sosial media, fungsi sosial media bertambah, dari yang tadinya sekedar media komunikasi menjadi ladang berbisnis. Banyaknya pengguna media sosial menjadi pangsa pasar yang sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha. Ditambah lagi dengan kemampuan pihak media sosial dalam mengakomodir data penggunanya, membuat pelaku usaha lebih mudah menjajakan dagangannya di sosial media.

Bagaimana Berdagang Di Sosial Media

Untuk berjualan di sosial media sangatlah berbeda jika dibanding berjualan konvensional, karena berjualan di sosial media Anda tidak perlu bertemu langsung dengan pembeli. Bahkan dengan berjualan di sosial media Anda sebenarnya tidak perlu memiliki barang dagangan. Dengan metode penjualan reseller misalnya, yang cukup Anda lakukan adalah menghubungkan penjual atau pemilik barang dengan pembeli. Intinya berjualan di sosial media sangat berbeda jika dibandingkan dengan metode jualan konvensional.

Sosial Media Tempat Beriklan Paling Efektif

Seperti yang sudah diungkapkan di awal bahwa pengguna sosial media setiap saatnya selalu mengalami kenaikan. Dengan semakin bertambahnya pengguna sosial media, dari kaca mata bisnis bisa ditafsirkan bahwa target pasar semakin banyak. Target pasar yang beragam ini bisa menjadi peluang sekaligus bisa menjadi ancaman bagi bisnis Anda, tergantung bagaimana Anda menyikapi fenomena ini. Agar beriklan di sosial media menjadi efektif ikuti beberapa tips berikut.

  • Tentukan Target Pasar Terlebih Dahulu

Langkah pertama sebelum Anda membuat iklan di media sosial adalah menentukan target pasar. Target pasar ini yang nantinya akan berpengaruh kepada keberhasilan iklan produk Anda. Sesuaikan target pasar dengan produk yang Anda jual, jangan sampai Anda salah menentukan segmen pasar, karena itu bisa berakibat fatal.

  • Gunakan Kalimat Iklan Yang Provokatif

Salah satu senjata yang penting dalam beriklan di sosial media adalah bagaimana membuat kalimat iklan yang provokatif. Kalimat iklan biasanya disertakan dalam gambar atau video atau bisa juga ditulis di dalam caption. Buatlah kalimat yang singkat tapi membuat orang penasaran untuk melihat produk Anda.

  • Gunakan Hashtag Atau Tagar

Selain caption yang menarik, untuk membantu memudahkan pelanggan menemukan produk yang Anda jual maka gunakan hashtag. Dengan menyertakan hashtag di dalam caption maka akan memudahkan pengguna media sosial untuk menemukan produk Anda. Misalnya Anda menjual jasa pariwisata maka sertakan #travelmurah dan tagar yang berkaitan lainnya.

  • Endorse Oleh Publik Figur

Untuk membuat produk Anda dikenal oleh masyarakat banyak dengan cara yang cepat, cara ini bisa Anda gunakan. Endorse atau promosi dengan menggunakan subjek orang-orang ternama, yang memiliki pengikut di sosial media dalam jumlah banyak sangat efektif untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak umum. Selain itu produk Anda akan semakin cepat untuk dikenali.

Buatlah Konten Iklan Yang Menarik Dan Kekinian

Semakin menarik konten iklan maka semakin banyak orang yang tertarik untuk melihat iklan yang dibuat. Iklan yang menarik dapat berupa gambar kekinian seperti anime atau komik yang isinya mempromosikan produk jualan Anda. Atau bisa juga berupa video lucu sehingga menarik untuk dilihat. Lebih menarik lagi jika iklan produk Anda dibuat dalam suatu series tertentu, sehingga para penikmatnya akan menunggu-nunggu setiap kali Anda mengunggah konten baru.

Media sosial memang sarana berkomunikasi dengan orang dari berbagai belahan dunia, tapi lebih jauh dari situ sosial media mempunyai fungsi bisnis yang sangat bagus jika bisa memanfaatkan.